Diimingi surga, Taliban rekrut bocah untuk bom bunuh diri

Selasa, 07 Januari 2014 - 17:30 WIB
Diimingi surga, Taliban rekrut bocah untuk bom bunuh diri
Diimingi surga, Taliban rekrut bocah untuk bom bunuh diri
A A A
Sindonews.com –Tertangkapnya Spozhmay, gadis delapan tahun yang direkrut Taliban untuk melakukan bom bunuh diri terhadap kantor polisi di Afghanistan menambah daftar bocah yang direkrut kelompok itu.

Aksi bom bunuh diri Spozhmay berhasil digagalkan tentara Afghanistan. Gadis kecil yang diketahui adik dari salah satu komandan Taliban itu, ditangkap saat berupaya mengaktifkan detonator yang ada di rompinya, di dekat kantor polisi di Provinsi Helmand selatan.

Sebelum Spozhman, ada bocah lain yang mengungkap kisahnya pernah direkrut Taliban untuk melakukan bom bunuh diri. Bocah Aghanistan itu, bernama Neaz. Dia adalah bocah yatim yang berhasil melarikan diri setelah direkrut Taliban.

”Taliban awalnya masuk ke rumah kami, ketika helikopter datang dan mengebom,” kata Neaz, kemarin, seperti dilansir Daily Mail. ”Ayah saya dipukul di ulu hatinya, dan kepalanya. Persaan saya hancur. Ibu saya dipukul di dada, dan meninggal. Saya tidak punya siapa-siapa lagi,” lanjut dia.

Bocah itu kemudian diculik Taliban dan dilatih menggunakan senjata dan membuat bom rakitan atau IED. Untuk membujuk Neaz, Taliban memberikan permen dan hadiah. Kala itu, usia Neaz masih lima tahun.

”Mereka minta saya mencobanya. Granat di seluruh tubuh saya, lalu mereka memberikan saya koin,” ujarnya.”Mereka mengatakan kepada saya, ledakkanlah sebuah pos pemeriksaan (militer).”

“Saya bertanya, apa yang akan saya lakukan dengan uang ini, jika saya harus meledakkan diri.Tapi Mereka terus mendorong saya, mereka mengatakan, jika saya melakukannya saya akan masuk surga,” paparnya.

Dia akhrinya berhasil melarikan diri, dengan berjalan dan berlari sejauh sembilam mil untuk mencari perlindungan di kantor polisi. Dia sekarang sudah berusia 10 tahun, dan tinggal di panti asuhan di Lashkar Gah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6909 seconds (0.1#10.140)