Tantangan dunia 2014, RI pakai jurus diplomasi

Selasa, 07 Januari 2014 - 14:09 WIB
Tantangan dunia 2014, RI pakai jurus diplomasi
Tantangan dunia 2014, RI pakai jurus diplomasi
A A A
Sindonews.com – Menteri Luar Negeri, Marty M. Natalegawa, menyampaikan pidato awal tahun 2014, Selasa (7/1/2014). Menurut Marty, tantangan global tahun ini semakin banyak, termasuk ketegangan di kawasan regional, seperti masalah klaim Laut China Selatan dan Laut China Timur.

Menlu Marty, dalam pidatonya juga mengapresiasi semua diplomat Indonesia di berbagai negara, meski jarang disorot publik. ”Kami ingin memulai sambutan hari ini dengan menyampaikan penghargaan yang tulus kepada seluruh diplomat Indonesia di berbagai pelosok dunia,” tulis Marty dalam pidato sambutan awal tahun 2014, yang dilansir situs Kemlu RI.

Menurutnya, tema penting yang menjadi andalan untuk membuka awal tahun ini, cukup sederhana, tapi penuh makna. ”Yaitu, menempatkan diplomasi sebagai jawaban terhadap berbagai tantangan di hadapan kita bersama. Dan, tentunya, menggunakan diplomasi untuk memanfaatkan berbagai peluang yang terbentang di hadapan kita,” lanjut Marty.

Indonesia, kata Marty tetap komitmen memelihara perdamaian dan keamanan di kawasan.”Hal ini telah, dan akan terus menjadi, prioritas utama politik luar negeri Indonesia di tahun 2014,” imbuh dia.

Tahun ini, Indonesia akan bersaing dalam berbagai hal. Sebagai contoh, di Asia Tenggara akan memasuki tahap akhir menuju Komunitas ASEAN 2015. ”Untuk kawasan yang lebih luas, yakni Asia Timur dan Asia Pasifik, yang justru menunjukkan tanda-tanda peningkatan ketegangan dan ketidakpastian,” katanya.

Di akhir pidatonya, menurut Marty, Indonesia terus mendukung upaya diplomasi damai, untuk masalah-masalah dunia, termasuk krisis Suriah dan Palestina.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6150 seconds (0.1#10.140)