Tersandung kasus korupsi, dua menteri Turki mundur

Rabu, 25 Desember 2013 - 19:51 WIB
Tersandung kasus korupsi, dua menteri Turki mundur
Tersandung kasus korupsi, dua menteri Turki mundur
A A A
Sindonews.com – Menteri Ekonomi Turki, Zafer Caglayan dan Menteri Dalam Negeri Muammer Guler mengundurkan diri pada Rabu (25/12/2013) pagi. Sebelumnya, anak dari kedua menteri ini telah ditangkap aparat Turki terkait tuduhan suap dan korupsi.

Pengumuman pengunduran diri dilayangkan setelah melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan, yang dilangsungkan satu hari sebelumnya. Beberapa anggota kabinet lainnya, termasuk mereka yang dituduh terkait dengan kasus korupsi itu, dilaporkan juga menghadiri pertemuan tersebut.

"Jelas, bahwa operasi yang diluncurkan pada 17 Desember lalu adalah 'permainan kotor' melawan pemerintah kita, partai kita, dan negara kita. Saya telah meninggalkan postisi sebagai menteri ekonomi untuk menggagalkan permainan buruk ini, di mana anak dan pembantu dekat saya yang terlibat dan untuk memungkinkan fakta-fakta untuk keluar," jelas Caglayan, seperti dikutip dari Xinhua.

"Saya mengajukan permohonan pengunduran saya secara lisan kepada Perdana Menteri pada 17 Desember (tanggal anaknya ditahan)," ungkap Guler dalam sebuah pernyataan.

Sekitar 80 orang, termasuk beberapa pengusaha terkemuka yang dekat dengan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan dan anak dari tiga menteri pemerintah, ditahan pada pekan lalu. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari penyelidikan atas dugaan kasus korupsi.

Sekitar 24 dari mereka, termasuk anak-anak Guler dan Caglayan, telah ditangkap di bawah investigasi korupsi terbesar yang pernah ada di negara ini. Polisi Turki dilaporkan telah menyita uang tunai senilai USD4,5 juta, ketika menggerebek salah satu rumah tersangka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5623 seconds (0.1#10.140)