Kejar aktivis serikat KA, Polisi Korsel kepung kuil di Seoul

Rabu, 25 Desember 2013 - 18:28 WIB
Kejar aktivis serikat KA, Polisi Korsel kepung kuil di Seoul
Kejar aktivis serikat KA, Polisi Korsel kepung kuil di Seoul
A A A
Sindonews.com – Polisi Korea Selatan (Korsel) melakukan pengepungan terhadap sebuah kuil yang terletak di pusat kota Seoul, sejak Selasa (24/12/2013). Aparat tengah memburu anggota serikat perusahaan Kereta Api (KA) Korsel yang diyakini masih bersembunyi di kuil itu.

Seperti dilaporkan Xinhua, sekitar 100 polisi telah dikerahkan ke Kuil Jogyesa, pusat Zen Buddhisme Korsel, setelah terjadinya pemogokan buruh kereta api yang memasuki hari ke-17. Polisi setempat mengatakan, tiga anggota serikat pekerja perusahaan KA yang dikelola negara, Korea Railroad Corp (KORAIL) dan satu wakil pemimpin serikat buruh, masih bersembunyi di kuil tersebut.

Sebelumnya, pada akhir pekan lalu, sekitar 600 polisi memaksa masuk ke markas Konfederasi Serikat Buruh Korea (KCTU), salah satu dari dua organisasi payung buruh terbesar di Korsel. Lokasi ini diyakini menjadi tempat bersembunyi pemimpin aksi mogok ini.

Di awal pekan ini, Presiden Korsel, Park Geun-hye, telah menyatakan, bahwa pemerintah tidak akan berkompromi atas pemogokan buruh kereta api. Pemerintah mendesak serikat untuk segera kembali bekerja dan tidak bisa lagi mentolerir "mogok ilegal”.

Aksi mogok ini menjadi yang ini terpanjang dalam sejarah Korsel dan telah mempengaruhi pelayana sejumlah kereta kecepatan tinggi, kereta bawah tanah, dan operasi kargo kereta api.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1415 seconds (0.1#10.140)
pixels