60 Taliban Afghanistan letakkan senjata

Jum'at, 20 Desember 2013 - 01:51 WIB
60 Taliban Afghanistan letakkan senjata
60 Taliban Afghanistan letakkan senjata
A A A
Sindonews.com – Sebanyak 60 gerilyawan Taliban menyerahkan diri dan bergabung dengan proses perdamaian dan rekonsiliasi yang diprakarsai pemerintah Afghanistan. Proses penyerahan diri para gerilyawan ini terjadi di Provinsi Badakhshan.

"Sekitar 60 pejuang Taliban memutuskan untuk meninggalkan kekerasan dan menyerahkan senjata mereka kepada otoritas keamanan di Distrik Jurm," kata Juru Bicara pemerintah setempat, Ahmad Nawid Frotan, Kamis (19/12/2013), pada Xinhua.

Dua pemimpin lokal Taliban, Enayatullah dan Abbas, termasuk diantara mereka yang memutuskan untuk kembali ke kehidupan normal di provinsi yang terletak 315 km timur laut dari ibu kota Afghanistan, Kabul.

“Dengan penyerahan mantan pemberontak ini, perdamaian dan stabilitas akan lebih diperkuat di beberapa bagian provinsi pegunungan,” kata Frotan.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Afghanistan mendirikan Dewan Perdamaian Tinggi yang beranggotakan 70 orang dan meluncurkan proses perdamaian dan rekonsiliasi untuk mendorong Taliban melucuti senjata dan menyerah pada pemerintah.

Menurut para pejabat Afghanistan, hingga kini lebih dari 4.000 militan Taliban telah meletakkan senjata dan bergabung dengan proses perdamaian yang didukung pemerintah. Namun, klaim tersebut telah ditolak oleh Taliban.


(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7991 seconds (0.1#10.140)