Presiden Ukraina tawarkan amnesti bagi para demonstran

Sabtu, 14 Desember 2013 - 03:23 WIB
Presiden Ukraina tawarkan amnesti bagi para demonstran
Presiden Ukraina tawarkan amnesti bagi para demonstran
A A A
Sindonews.com – Presiden Ukraina, Viktor Yanukovich, Pada Jumat (13/12/2013), menawarkan amnesti bagi mereka yang ditahan selama aksi protes anti pemerintah dalam dua pekan terakhir ini. Amnesti bagi demonstran yang ditahan telah menjadi tuntutan utama para pemimpin oposisi.

Sejak Pemerintah memutuskan untuk menunda kesepakatan dengan Uni Eropa, ratusan warga Ukraina menggelar aksi protes massal. Sejumlah demontran ditangkap aparat, setelah sebelumnya terlibat bentrok dengan polisi.

Selain menawarkan Amnesti, dalam pembicaraan dengan para pemimpin demonstran di Kiev, Yanukovich juga mengaku akan mempertimbangkan pemecatan pejabat yang bertanggung jawab soal Perjanjian Asosiasi dengan Uni Eropa.

Namun, Yanukovich tidak menginsyaratkan akan memecat Perdana Menteri Mykola Azarov, seperti yang diminta oleh kubu oposisi. Pada pembicaraan dengan pemerintah, salah satu pemimpin oposisi, Arseniy Yatsenyuk, yang juga mantan menteri ekonomi, bersikeras meminta pemecatan Azarov.

Selain itu, oposisi juga mendesak presiden untuk memecat Menteri Dalam Negeri yang dinilai bertanggung jawab atas tindakan kekerasan yang dilakukan aparat terhadap para demonstran. "Pemerintah bersalah atas krisis politik dan ekonomi," kata Yatsenyuk.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5848 seconds (0.1#10.140)