Iran mendadak hentikan pembicaraan nuklir

Jum'at, 13 Desember 2013 - 17:58 WIB
Iran mendadak hentikan pembicaraan nuklir
Iran mendadak hentikan pembicaraan nuklir
A A A
Sindonews.com - Negosiator Iran telah menghentikan pembicaraan nuklir yang berlangsung di Wina, dan memilih kembali ke Teheran guna berkonsultasi.

Tindakan itu dilakukan, setelah selusin perusahaan di Washington menolak mencabut sanksi atau embargo terhadap Teheran.”Para juru runding Iran menghentikan pembicaraan dengan P5 +1 untuk konsultasi di Teheran,” tulis kantor berita Iran, IRNA, mengutip pernyataan seorang negosiator Iran, kemarin.

Para perunding telah membahas pelaksanaan kesepakatan antara Iran dengan negara-negara P5 +1 (Inggris, China , Perancis, Rusia, Amerika Serikat, dan Jerman).

Keputusan untuk menghentikan pembicaraan di Wina, terjadi beberapa jam setelah selusin perusahaan di Washington menolak perintah Pemerintah AS untuk menghentikan sanks terhadap Iran.

Tindakan itu memicu kemarahan Tehran, setelah berulang kali memperingatkan bahwa kesepakatan pada negosiasi yang pertama pada bulan lalu harus dipatuhi.

Berdasarkan kesepakatan sementara yang dicapai di Jenewa bulan lalu , Iran setuju untuk membekukan bagian program nuklirnya selama enam bulan. Sebagai imbalannya sanksi atau embargo senilai USD7 miliar akan diringankan.

AS juga sepakat untuk menahan diri untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran. Para pejabat AS ingin melihat komitmen Teheran dalam bernegosiasi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5336 seconds (0.1#10.140)