Usai bulan madu, pernikahan sejenis di Australia dibatalkan

Kamis, 12 Desember 2013 - 11:04 WIB
Usai bulan madu, pernikahan sejenis di Australia dibatalkan
Usai bulan madu, pernikahan sejenis di Australia dibatalkan
A A A
Sindonews.com – Pesta bulan madu para pasangan sejenis di Australia berumur pendek. Sebab, Pengadilan Tinggi di negara itu telah membatalkan undang-undang yang melegalkan pernikahan sesama jenis pada Kamis (12/12/2013).

Padahal, para pasangan sejenis itu baru saja melangsungkan pernikahan pada Sabtu pekan lalu. ”Ini sangat buruk bagi pasangan yang menikah pada minggu ini dan bagi keluarga mereka,” kata Direktur Kesetaraan Pernikahan Australia, Rodney Croome, dalam sebuah pernyataan.

Pada 7 Desember 2013 lalu, sekitar 20 pasangan sejenis menikah secara legal untuk pertama kalinya di Australia. “Saya tidak ingin untuk tidak menikah sore ini,” kata Ivan Hinton, yang menikahi pasangan sejenisnya, Chris Teoh, di Ibukota Canberra, di luar Pengadilan Tinggi Australia.

Mengutip laporan Reuters, keputusan Pengadilan Tinggi itu ditentang pemerintah nasional konservatif. Alasannya, keputusan Pengadilan Tinggi itu bertentangan dengan hukum federal.

Pada hari ini, Pengadilan Tinggi Australia menguatkan penolakan UU itu. Para hakim dengan suara bulat memutuskan bahwa hukum Australian Capital Territory (ACT)—pihak mengesahkan UU pernikahan sejenis--,tidak sah.

Para pendukung pernikahan sejenis tetap akan memperjuangkan pelegalan pernikahan yang kontroversial itu. ”Ini hanya kekalahan sementara,” kata Croome.”Yang jauh lebih penting adalah bahwa hukum ACT memfasilitasi pernikahan sesama jenis pertama di tanah Australia dan menunjukkan bangsa yang cinta dan komitmen terhadap pasangan sesama jenis.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2895 seconds (0.1#10.140)