Batik Soeharto menginspirasi gaya berpakaian Mandela

Jum'at, 06 Desember 2013 - 10:30 WIB
Batik Soeharto menginspirasi...
Batik Soeharto menginspirasi gaya berpakaian Mandela
A A A
Sindonews.com – Pahlawan anti-apartheid Afrika Selatan (Afsel), Nelson Mandela, meninggal di usia 95 tahun, kemarin. Namun, siapa sangka gaya berpakaian Mandela semasa hidup terinsipirasi gaya berpakaian mantan Presiden Indonesia, Soeharto.

Publik Afsel yang menyebut gaya berpakaian Mandela sebagai “Sihir Madiba” ternyata tidak terlepas dari batik yang dikenakan mantan Presiden Soeharto. Mandela, semasa hidup kerap mengenakan kemeja khas batik yang longgar di berbagai acara.

Mengutip laman Sky News, Jumat (6/12/2013), “Sihir Madiba” terletak dari kemeja longgarnya. ”Terinspirasi oleh kemeja yang dikenakan mantan presiden Soeharto dari Indonesia,” tulis media Australia itu.

Momen lain yang masih diingat para jurnalis, adalah larangan menggunakan lampu kilat ketika memotret wajah Mandela. Maklum, mata Mandela sudah melemah dari sorotan lampu kamera. Hal itu, juga tak lepas dari efek tambang batu kapur di Pulau Robben, Cape Town, di mana dia dipenjara selama 18 tahun di sana.

Gaya berpakaian Mandela itu, kemudian ditiru Thabo Mbeki, Presiden Afsel pengganti Mandela. Kala itu, banyak yang menganggap kemeja yang dikenakan para pemimpin Afse sebagai “kemeja aneh”. Namun, gaya berpakaian itu justru menjadi “Sihir Madiba” yang terus hidup di benak rakyat Afsel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2330 seconds (0.1#10.140)