Datang dengan paspor palsu ke Libya, 360 warga Mesir dipulangkan

Senin, 02 Desember 2013 - 15:12 WIB
Datang dengan paspor palsu ke Libya, 360 warga Mesir dipulangkan
Datang dengan paspor palsu ke Libya, 360 warga Mesir dipulangkan
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Libya memulangkan 360 warga Mesir yang sengaja memasuki Libya dengan visa palsu. Demikian seperti dilansir Lana, kantor berita Libya, Minggu (1/12/2013).

Menurut kantor berita Lana, ratusan orang warga Mesir itu tiba dalam dua penerbangan ke Bandara Misrata di Libya dan dipulangkan dengan pesawat yang sama. Mereka semua kedapatan memiliki visa palsu.

Sejak mantan mediang Presiden Libya Muammar Gaddafi lengser dua tahun lalu, Libya terus berjuang menghadapi pergolakan di dalam negeri. Milisi bersenjata yang memainkan peran dalam penggulingan itu menolak untuk menyerahkan senjata dan kerap menimbulkan kekacauan. Pemerintah Libya juga berusaha untuk menekan perdagangan visa palsu untuk pekerja dari Mesir atau negara tetangga lainnya yang ingin datang ke Libya.

Ini bukan pertama kalinya Libya memulangkan warga Mesir. Pada Februari lalu, sebanyak 48 warga Mesir terpaksa dipulangkan karena masuk secara ilegal ke Libya. Mesir kemudian membalas sikap itu dengan menuding sejumlah negara tetangga, termasuk Libya, dengan sengaja memasok senjata untuk militan dan pemberontak guna memperkeruh situasi keamanan di Mesir.

Pasca revolusi, hubungan antara Mesir dan Libya memang sempat membaik. Hal ini disebabkan keprihatinan dan solidaritas antar warga. Sayangnya, hal itu tidak berlangsung lama. Baik Libya maupun Mesir, memang sudah sejak lama bersaing agar dapat menjadi pemain penting di kawasan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5010 seconds (0.1#10.140)