Demo hari ke-6, massa bersumpah duduki kantor PM Thailand

Sabtu, 30 November 2013 - 15:47 WIB
Demo hari ke-6, massa...
Demo hari ke-6, massa bersumpah duduki kantor PM Thailand
A A A
Sindonews.com – Demonstrasi besar di Bangkok, Thailand memasuki hari keenam, Sabtu (30/11/2013). Setelah sejumlah kantor kementerian dan markas militer, massa hari ini mendatangi kantor telekomunikasi milik negara.

Massa yang jumlahnya sekitar 2 ribu, bersumpah untuk menduduki Kantor Perdana Menteri Yingluck Shinawatra, dan mengacaukan administrasi kantor sampa Yingluck bersedia lengser.

Kemarin, saat mendatangi markas tentara Thailand, massa menyerukan agar militer bergabung dengan demonstran untuk merebut kekuasaan dari tangan Perdana Menteri Yingluck.

”Pada hari Minggu (besok), saudara-saudara, kami akan mengumumkan kemenangan kami dan kekalahan dari rezim Thaksin,” kata pemimpin demonstran Suthep Thaugsuban, mengacu pada Yingluck yang tidak lain adalah adik dari bekas Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, seperti dikutip Reuters.

Demonstrasi anti-pemerintah pecah di Thailand, setelah partai berkuasa, yakni Partai Puea Thai mengusung RUU amnesti yang didukung Pemerintah Yinglcuk. Namun, kelompok oposisi curiga, RUU itu sebagai siasat Yinglcuk untuk membebaskan bekas PM Thaksin Shinawatra (kakak Yingluck) dari kasus korupsi tahun 2008. Thaksin kini berada di pengasingan.

Yinglcuk sendiri, lolos dari mosi tidak percaya yang digalang parlemen untuk menyikapi demonstrasi besar di negara itu. Lolosnya Yinglcuk dari mosi tidak percaya, bukan hal yang mengherankan. Sebab, mayoritas kursi parlemen dikuasai partai yang mendukung Yinglcuk.

Dalam demonstrasi hari ini, selain mendatangi kantor telekomunikasi, massa juga berencana kembali menduduki berbagai kantor kementerian pada Minggu besok.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3735 seconds (0.1#10.140)