Bobol situs Presiden Singapura, 2 hacker ditangkap

Kamis, 28 November 2013 - 18:26 WIB
Bobol situs Presiden...
Bobol situs Presiden Singapura, 2 hacker ditangkap
A A A
Sindonews.com – Polisi Singapura pada Kamis (28/11/2013) mengkonfirmasi penangkapan dua orang, yang dituduh melakukan serangan cyber terhadap situs Presiden Singapura Tony Tan. Kedua hacker itu, juga diduga sebagai penyerang berbagai situs di Singapura.

Kedua pria yang ditangkap polisi Singapura berusia 17 dan 42 tahun. Selain situs Presiden Tan, pada 8 November 2013 lalu, website Perdana Menteri Lee Hsien Loong juga dibobol. Para hacker yang mengklaim dari aktivis Anonymous itu, menampilkan pesan dan gambar yang meledek Pemerintah Singapura.

Para tersangka yang membobol situs Istana Presiden Singapura, akan didakwa di pengadilan padaJumat besok. Mereka akan dikenai tuduhan pelanggaran Undang-Undang Penyalahgunaan Komputer dan Cybersecurity Negara. Mereka terancam denda maksimum 10 ribu dolar Singapura atau penjara hingga tiga tahun, atau kedua-duanya.

Polisi tidak mengungkapkan identitas kedua tersangka. Tapi pengusaha Singapura Doolson Moo pekan lalu mengungkapkan kepada surat kabar Straits Times bahwa ia adalah orang yang menembus situs Istana untuk "test kerentanan".

Pria 42 tahun itu mengatakan, ia membobol kode komputer, yang memungkinkan dia untuk menampilkan gambar seorang wanita tua menunjuk jari tengahnya dalam website istana. Selain itu, dia juga menyelipkan kata-kata ofensif dalam dialek China selatan, Hokkien. ”Pria itu mengaku bahwa komplotannya adalah seorang mahasiswa 17 tahun,” tulis Straits Times, mengacu pada pengakuan Moo.

Penangkapan kedua tersangka itu menyusul penangkapan seorang hacker bernaa James Raj, beberapa hari sebelumnya. Hacker itu itu telah didakwa membobol website dewan kota.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0790 seconds (0.1#10.140)