Karzai: Tunda pakta keamanan Afghanistan & AS

Sabtu, 23 November 2013 - 17:02 WIB
Karzai: Tunda pakta...
Karzai: Tunda pakta keamanan Afghanistan & AS
A A A
Sindonews.com - Presiden Afghanistan Hamid Karzai menyatakan, bahwa pihaknya akan mengusulkan untuk menundak perjanjian keamanan yang disepakati antara militer Amerika Serikat dengan Afghanistan. Penundaan pakta keamanan itu, dia minta sampai pemilu digelar April 2014.

Pernyataan Karzai itu disampaikan juru bicaranya, Aimal Faizi pada Sabtu (23/11/2013). Karzai, kata Faizi akan menyampaikan langsung penundaan pakta itu dalam pidato di hadapan Majelis Agung.

Amerika Serikat telah berulang kali mengatakan, bahwa mereka tidak bisa menunggu penandatanganan pakta keamanan itu sampai pemilu tahun depan. Mereka mendesak pakta itu ditandatangani pada akhir tahun ini.

”Pada hari terakhir dari Loya Jirga, dalam sambutannya presiden akan menjelaskan secara detail alasannya itu kepada orang-orang, mengapa dia ingin penandatanganan dokumen ini dilakukan setelah pemilu,” kata Faizi kepada Reuters.

Sengketa atas waktu penandatanganan pakta keamanan itu telah diawali dengan pertemuan para tokoh senior yang dikenal sebagai Loya Jirga. Pertemuan itu akan berakhir Minggu besoak. Suara dari Loya Jirga itulah yang akan mencerminkan sikap Karzai terkait pakta keamanan antara AS dan Afghanistan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0916 seconds (0.1#10.140)