Balas surat SBY, Abbott rahasiakan isinya

Sabtu, 23 November 2013 - 14:34 WIB
Balas surat SBY, Abbott...
Balas surat SBY, Abbott rahasiakan isinya
A A A
Sindonews.com – Perdana Menteri Australia Tony Abbott, mengaku sudah membalas surat dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menuntut permintaan maaf secara resmi atas skandal penyadapan. Namun, Abbott bungkam soal isi surat balasan yang sedang dalam proses pengiriman kepada Yudhoyono.

Sebelumnya, Presiden Yudhoyono telah menulis surat kepada Abbott. Isinya, Pemerintah Indonesia menuntut permintaan maaf secara resmi dan penjelasan lengkap perihal skandal penyadapan intelijen Australia terhadap ponselnya tahun 2009.

Dalam bocoran dokumen dari whistleblower NSA, Edward Joseph Snowden, 30, selain ponsel SBY, ponsel Herawati Kristiani (istri SBY) dan delapan pejabat penting Indonesia pada tahun 2009 juga disadap.

Sebagai reaksinya, Pemerintah Indonesia telah menghentikan sejumlah kerjasama dengan Australia, terutama soal penanganan para pencari suaka. Abbott kepada wartawan hari ini (23/11/2013) di Sydney, mengaku sudah membalas surat Yudhoyono.

”Surat itu sekarang dalam proses untuk disampaikan,” kata Abbott. ”Saya pikir itu akan salah, (jika) saya berbicara tentang apa yang telah saya katakan kepada presiden (SBY), sebelum presiden benar-benar menerima (surat balasan),” lanjut Abbott.

Abbott menegaskan kembali komitmennya untuk menguatkan hubungan Australia dan Indonesia. ”Jelas akan ada hari-hari baik dan akan ada hari yang lebih baik, tapi tekad saya adalah untuk memastikan bahwa hubungan ini terus membaik,” ucapnya, seperti dikutip news.com.au.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9125 seconds (0.1#10.140)