Tuhan di tempat lain, saat topan Haiyan terjang Tacloban

Rabu, 13 November 2013 - 10:41 WIB
Tuhan di tempat lain, saat topan Haiyan terjang Tacloban
Tuhan di tempat lain, saat topan Haiyan terjang Tacloban
A A A
Sindonews.com – Rindrigo Duterte, Walikota Davao, Filipina, tidak bisa berkata banyak ketika melihat kondisi Kota Tacloban luluh lantak akibat terjangan topan Haiyan atau Yolanda.

”Aku pikir Tuhan berada di tempat lain, bila kena angin topan,” kata Duterte, semalam (12/11/2013), setelah berkunjung ke Tacloban. Dia terenyuh, ketika menyaksikan jalan-jalan dipenuhi mayat dan orang-orang yang masih hidup mengais makanan.

Pemandangan itu terjadi, setelah topan terkuat di dunia menerjang tiga hari. ”Tuhan (telah) di tempat lain atau dia lupa bahwa ada sebuah planet bernama Bumi,” ucap Duterte kepada wartawan di kawasan Bandara Internasional Davao, seperti dikutip media Filipina, Inquirer.net

Setelah melihat dahsyatnya bencana yang terjadi, Duterte berujar, bahwa hal yang lebih tepat untuk dilakukan adalah menyatakan keadaan darurat daripada keadaan bencana. Dia sependapat dengan keputusan Presiden Benigno Aquino telah menetapkan status darurat.

”Ini hanya saran, saya tidak bermaksud untuk mendikte (orang),” ujarnya. ”Tapi keadaan bencana tidak cukup , itu harus keadaan darurat, karena tidak ada fungsi pemerintah daerah lagi. Polisi , tentara, pekerja sosial , semuanya harus hadir untuk mereka yang mati, pemerintah kota tidak berfungsi,” ujarnya.

”Sebagai seorang Filipina, saya harus mengatakan sesuatu,” katanya lagi. Menurutnya, tidak hanya warga sipil yang tewas dan tergeletak di jalan. Tapi juga polisi yang masih berseragam.

”Kematian ada di jalan, tidak ada listrik, tidak ada makanan dan air, dan orang-orang berjalan di jalanan seperti zombie, mencari makanan,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5530 seconds (0.1#10.140)