Morsi cs diadili, Mesir siaga tinggi

Senin, 04 November 2013 - 09:24 WIB
Morsi cs diadili, Mesir siaga tinggi
Morsi cs diadili, Mesir siaga tinggi
A A A
Sindonews.com – Presiden Mesir terguling, Mohamed Morsi dan 14 tokoh senior Ikhwanul Muslimin diadili pada Senin (4/11/2013). Pemerintah negara itu pun menetapkan status siaga tinggi untuk menghadapi kemungkinan terburuk.

Morsi cs diadili dengan tuduhan menghasut kekerasan dan pembunuhan dalam bentrokan di luar istana presiden Desember 2012 lalu.

Reuters melaporkan, dinas keamanan mentapkan status siaga tinggi, setelah para pendukung Morsi menyerukan demonstrasi besar-besaran bersamaan dengan persidangan untuk Morsi cs. Sejak Morsi digulingkan militer 3 Juli 2013, krisis politik di negara itu tak kunjung rampung. Gejolak demonstrasi dari massa loyalis Morsi terus terjadi.

Aparat keamanan Mesir diperintahkan mengerahkan 20 ribu petugas untuk menjaga ketertiban di negara itu. Beberapa hari sebelum sidang Morsi digelar, tiga hakim sidang mengundurkan. ”Ada perasaan malu,” kata Mohammed al-Fahmy Qarmuty, salah satu dari tga hakim yang mengundurkan diri.

Para ahli hukum mengatakan, jika Morsi terbukti bersalah, kemungkinan dia akan dihukum penjara seumur hidup atau hukuman mati.

Sementara itu, menjelang sidang Morsi cs, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry berkunjung ke Kairo. Dia menyerukan untuk diakhirinya semua kekerasan di negara itu dan mendesak Pemerintah Mesir sementara untuk menciptakan demokrasi penuh.

”AS percaya bahwa kemitraan AS dan Mesir akan menjadi kuat ketika Mesir dipimpin pemerintahan sipil yang inklusif yang terpilih secara demokratis berdasarkan aturan hukum,” ujar Kerry.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6589 seconds (0.1#10.140)