Khamenei ingin rakyat Iran bikin banyak anak

Sabtu, 02 November 2013 - 16:57 WIB
Khamenei ingin rakyat Iran bikin banyak anak
Khamenei ingin rakyat Iran bikin banyak anak
A A A
Sindonews.com - Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei yang langka tampil di depan publik, mendadak menginginkan agar rakyat Iran mempunyai banyak anak. Hal itu, katanya, penting untuk masa depan Republik Islam Iran.

”Citra (generasi ) muda merupakan isu penting dan penting bagi negara. Dan negara-negara yang telah menghadapi populasi yang menua telah mengatasi masalah dengan cara yang sulit,” kata Khamenei yang dilansir kantor berita IRNA.

”Kami selalu bertanya-tanya bagaimana kita akan hidup, jika kita memiliki empat atau lima anak. Kita juga harus berpikir, jika kita memiliki empat atau lima anak, mereka akan berkontribusi pada pembangunan negara,” lanjut Khamenei.

Dia mengatakan, 150 juta jiwa adalah batas minimal jumlah penduduk Iran. Dia berpesan, agar rakyat Iran bisa menambah populasi lebih banyak lagi.

Khamenei lantas mengkritik kebijakan pemerintah di era presiden reformis Mohammad Khatami, yang mendorong program keluarga berencana di Iran.

Sementara itu, mantan presiden konservatif Mahmoud Ahmadinejad, memperkenalkan sebuah inisiatif di mana pemerintah akan membayar keluarga untuk setiap anak yang baru lahir dengan mendepositokan uang ke dalam rekening bank anak sampai mereka berusia 18 tahun.

Sependapat dengan Khamenei, Ahmadinejad menilai program keluarga berencana sebagai program durhaka. ”Mereka yang memunculkan gagasan keluarga berencana adalah berpikir di ranah dunia sekuler,” katanya.

Penduduk Iran diperkirakan mencapai 79 juta pada tahun 2013 dan sekitar setengahnya berusia rata-rata 35 tahun.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6691 seconds (0.1#10.140)