Nyaris 5 meter, kumis pria India ini terpanjang sejagad

Selasa, 29 Oktober 2013 - 15:01 WIB
Nyaris 5 meter, kumis...
Nyaris 5 meter, kumis pria India ini terpanjang sejagad
A A A
Sindonews.com – Ram Singh, nama pria India ini. Umurnya, 58 tahun. Sudah 32 tahun, dia tidak pernah mencukur kumis, dan kini panjang kumisnya mencapai 14 kaki atau hampir lima meter.

Ram Singh pun menyandang sebagai pria dengan kumis terpanjang di dunia. Ia biasa dipanggil Chauhan, asal Kota Jaipur, negara bagian Rajasthan, India. Menurutnya, kumis panjangnya itu adalah benda yang paling berharga yang ia miliki.

Sudah 32 tahun dia memelihara kumis tersebut. Saban hari, dia menghabiskan waktu dua jam, khusus untuk merawat kumisnya itu. Gara-gara punya kumis super panjang itu, dia pernah diberi peran untuk bermain dalam film James Bond “Octopussy”.

“Merawat kumis yang tumbuh ini, seperti merawat bayi. Anda benar-benar perlu untuk memelihara itu,” katanya, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (29/10/2013). ”Ini saya pelihara sampai panjang, butuh waktu yang lama sampai mendapatkan panjang 14 kaki. Ini tidak mudah.”

Kumis Chauhan mulai tumbuh sejak usia remaja. ”Saya belum pernah menggunakan pisau cukur untuk kumis saya, atau dipotong sejak tahun 1970,” ucapnya.

Baginya, kumis adalah simbol kebanggaan dan rasa hormat. Dalam tradisi India kuno, kumis berarti segalanya. "Ini tak ternilai harganya. Ini hal (penting bagi) manusia,” ujarnya.

Sang istri, Asha juga bangga memiliki suami dengan kumis terpanjang di dunia. Kumis panjang Chauhan telah tercatat di Guinness Book of World Records. Meski terus dipelihara, dalam beberapa tahun pertumbuhan kumis Chauhan mulai melambat.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0606 seconds (0.1#10.140)