130 ribu warga Suriah kabur dari Aleppo

Selasa, 29 Oktober 2013 - 01:33 WIB
130 ribu warga Suriah kabur dari Aleppo
130 ribu warga Suriah kabur dari Aleppo
A A A
Sindonews.com – Sekitar 130 ribu orang telah melarikan diri dari daerah Al Safira, di provinsi Aleppo, yang telah mengalami serangan gencar sejak 8 Oktober lalu. Menurut rilis yang dikeluarkan Dokter Lintas Batas (MSF), Senin (28/10/2013), saat ini bantuan kemanusiaan yang ada tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduk terlantar yang terus bertambah.

Pertempuran, pelemparan granat, dan serangan udara mengakibatkan 76 orang tewas di kota Al Safira. Di seluruh daerah tersebut, 450 orang terluka dalam waktu lima hari. Mereka dirawat di tempat perawatan medis yang didukung MSF.

Rumah sakit MSF di daerah itu telah merawat 34 pasien terluka dari Al Safira. “Serangan brutal telah mengakibatkan penduduk yang sebelumnya sudah melarikan diri kembali menjadi bagian dari eksodus baru,” kata Marie-Noëlle Rodrigue, Direktur Operasional MSF.

Lebih dari 130 ribu orang, hampir seluruhnya warga sipil dari kota Al Safira atau dari kamp sekitar di mana MSF memberikan bantuan, telah melarikan diri ke utara. “Mereka tiba di daerah yang sudah dipadati para penduduk terlantar, di sana hanya ada sedikit lembaga bantuan dan mereka dihadapkan pada kebutuhan yang besar,” kata Marie-Noelle Rodrigue menambahkan.

Di kota Manbij, para sukarelawan Bulan Sabit Merah telah meregistrasi hampir 200 ribu penduduk terlantar sebelum gelombang pengungsian baru ini. Kapasitas penerimaan sudah mencapai batas maksimal. Keluarga-keluarga memenuhi bangunan umum dan peternakan di daerah tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6015 seconds (0.1#10.140)