Turki: Dunia internasional gagal atasi krisis Suriah

Jum'at, 25 Oktober 2013 - 00:24 WIB
Turki: Dunia internasional gagal atasi krisis Suriah
Turki: Dunia internasional gagal atasi krisis Suriah
A A A
Sindonews.com – Menteri Luar Negeri Turki, Ahmet Davutoglu, pada Kamis (24/10/2013), menyesalkan apa yang disebutnya sebagai kegagalan internasional untuk mengatasi krisis kemanusiaan dalam perang Suriah. Ia mengatakan, makanan dan obat-obatan habis, sementara sniper menembaki wanita hamil.

Davutoglu mengatakan, saat ini Turki telah menampung lebih dari 600 ribu pengungsi Suriah. Menurutnya, Turki akan tetap membuka perbatasan dengan Suriah bagi orang-orang yang melarikan diri dari kekerasan. Namun ia menambahkan, dunia internsional perlu berbagi beban kemanusiaan dengan Turki.

"Saya harus mengungkapkan kekecewaan yang mendalam dan rasa frustrasi, karena tidak adanya reaksi yang tepat oleh masyarakat internasional mengenai situasi kemanusiaan di lapangan," kata Davutoglu kepada wartawan di Kuwait, selama kunjungan bilateral.

Selama ini, Turki yang berbagi memiliki perbatasan sepanjang 900 km dengan Suriah, adalah kritikus bagi rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad dan pendukung utama pemberontak Suriah.

"Mereka yang bisa datang ke Turki adalah orang-orang beruntung. Jika mereka kembali di Suriah, mereka tidak memiliki apa pun untuk dimakan, mereka tidak memiliki rumah sakit, obat-obatan, atau apa pun,” jelas Davutoglu, seperti dikutip dari Reuters.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5714 seconds (0.1#10.140)