Kebakaran di Australia ancam situs Blue Mountains

Rabu, 23 Oktober 2013 - 16:25 WIB
Kebakaran di Australia ancam situs Blue Mountains
Kebakaran di Australia ancam situs Blue Mountains
A A A
Sindonews.com – Sudah tujuh hari ini kebakaran di wilayah New South Wales (NSW), Australia belum berhasil dipadamkan. Kebakaran bahkan semakin parah dan mengancam area wisata Blue Mountains.

Petugas pemadam kebakaran Australia, mengatakan ancaman api ke Blue Mountains, sebelah barat Sydney, sudah dicegah. Tapi, wistawan dilarang masuk ke wilayah itu, karena bahaya kebakaran masih mengancam.

”Jika Anda telah seseorang yang telah memilih untuk bepergian ke Blue Mountains hari ini, sebaiknya keluar dari bahaya. Maka itu akan aman, dan Anda bisa kembali pulang dan terhindar dari risiko,” kata Shane Fitzsimmons, Komisaris Layanan Pemadam Kebakaran atau Rural Fire Service (RFS) NSW, Rabu (23/10/2013), seperti dikutip BBC.

Dia telah menargetkan, kebakaran di sebagian wilayah NSW harus bisa dipadamkan hari ini. ”Warga harus dapat kembali ke rumah mereka pada Rabu,” ujar Fitzsimmons.

Tapi Fitzsimmons memperingatkan, bahwa tantangan baru sudah ada di depan mata untuk beberapa hari ke depan, mengingat situasi yang tidak menguntungkan itu. Menurutnya, dari total 71 titik kebakaran di seluruh negara bagian NSW, 29 titik di antaranya sudah dipadamkan.

Status darurat masih berlaku untuk dua daerah, yakni dekat Kota Newcastle, sebelah utara Sydney, dan di Springwood. Setidaknya ratusan rumah telah hancur, dan lebih dari dari 3 ribu petugas pemadam kebakaran masih berjuang menjinakkan kobaran api yang dianggap sebagai kebakaran hutan terburuk di Australia.

Shane Fitzsimmons mengatakan strategi telah diterapkan untuk mengatasi bencana itu. Namun, hasilnya belum memuaskan. Dia memperingatkan kepada warga untuk ekstra-waspada. ”Masih ada kebakaran yang bergejolak, berdampak pada masyarakat,” ucapnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5125 seconds (0.1#10.140)