Ingin damai, Timur Tengah tirulah Indonesia

Kamis, 17 Oktober 2013 - 09:15 WIB
Ingin damai, Timur Tengah tirulah Indonesia
Ingin damai, Timur Tengah tirulah Indonesia
A A A
Sindonews.com – Perdamaian di wilayah Timur Tengah, masih jauh dari harapan. Bahkan, hingga kini krisis politik di beberapa negara Timur Tengah, seperti Mesir dan Suriah justru terus memanas.

Untuk menciptakan perdamaian, negara-negara di Timur Tengah diserukan untuk mencontoh Indonesia, yakni dengan mengandalkan persatuan rakyat. Demikian disampaikan Wakil Ketua International Conference of Islamic Scholars (ICIS) Arif Zamhari.

”Tanpa ada persatuan, mustahil akan tercapai perdamaian. Apalagi kalau melibatkan pihak asing, tidak semua memiliki niat baik,” ucap Arif kepada wartawan, di Depok, Rabu (16/10/2013). Menurutnya, Indonesia telah membuktikan, bahwa persatuan bisa mengalahkan agresi asing.

”Jangan semata-mata politik kekuasaan, terus mau mengorbankan kepentingan rakyat sendiri. Sudah saatnya negara Timur Tengah belajar dari Indonesia. Dengan bersatu dan toleransi, menjadi negara muslim terbesar dan kuat. Pesan ini yang selalu kita gaungkan di negara-negara Teluk,” tandasnya.

Arif mengatakan, masing-masing kelompok harus mengedepankan kepentingan rakyat atau kepentingan bersama. Persatuan, lanjut Arif juga mampu untuk mencegah intervensi asing.

Dia berpendapat, negara-negara Teluk menjadi sasaran intervensi asing, baik secara politik maupun ekonomi. ”Tanpa persatuan akan mudah diobrak-abrik. Akan ada konflik berkepanjangan dan merugikan rakyat Timur Tengah. Apalagi kalau ada konflik, harga minyak bisa naik,” ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5120 seconds (0.1#10.140)