Kelompok Yahudi: Bakar jasad penjahat Nazi

Senin, 14 Oktober 2013 - 16:01 WIB
Kelompok Yahudi: Bakar jasad penjahat Nazi
Kelompok Yahudi: Bakar jasad penjahat Nazi
A A A
Sindonews.com – Organisasi Yahudi, Simon Wiesenthal Centre minta jenazah penjahat perang Nazi, Erich Priebke, yang meninggal pekan lalu di Italia dikirim ke Jerman, dan dibakar. Permintaan itu disampaikan pemimpin organisasi Yahudi itu, Efraim Zuroff.

Zuroff kepada harian La Stampa, yang terbit Senin (14/10/2013), mengatakan, Jerman adalah tempat yang tepat untuk “pembuangan” jasad Priebke, setelah jasadnya ditolak dikubur di Argentina. Sedangkan pembakaran jasad Priebke, katanya, untuk menghindari pemakaman pada umumnya.

”Hal terbaik dengan mengirim tubuhnya kembali ke Jerman. Itu harus dibakar,” kata Zuroff . ”Itu akan menjadi cara yang paling efisien, agar tidak meninggalkan jejak seorang penjahat Nazi seperti Priebke,” katanya lagi.

”Tubuh Hitler juga dibakar dan itu adalah solusi terbaik karena memungkinkan penghancuran segala Nazisme yang diwakili,” lanjut dia. Pengacara Priebke, awalnya mengatakan, bahwa mantan perwira Nazi itu bisa dikuburkan di Argentina, di mana dia tinggal setelah Perang Dunia II. Tapi Argentina, menegaskan, menolak pengiriman jasad Priebke.

Otoritas keagamaan Roma juga mengatakan, tidak akan ada pemakaman gereja untuk Priebke yang meninggal di usia 100 tahun. Priebke diadili atas pembantaian 335 warga sipil di Ardeatine Fosse, di luar Roma pada tahun 1994. Dia dihukum dalam tahanan rumah, sampai akhirnya meninggal pada Jumat pekan lalu.

Setelah Perang Dunia II, Priebke melarikan diri dari sebuah kamp di Inggris, menuju Vatikan. Dia kemudian tinggal di Argentina, dan sempat menjadi guru sekolah. Tapi, investigasi wartawan akhirnya mengungkap identitasnya, dan membuat pemerintah Argentina mengekstradisi Priebke ke Italia pada tahun 1996.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6340 seconds (0.1#10.140)