TV Norwegia: Nobel Perdamaian jatuh ke OPCW

Jum'at, 11 Oktober 2013 - 15:43 WIB
TV Norwegia: Nobel Perdamaian...
TV Norwegia: Nobel Perdamaian jatuh ke OPCW
A A A
Sindonews.com - Hadiah Nobel Perdamaian 2013, bakal diberikan kepada Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), yang menjalankan misi pelucutan senjata kimia di Suriah. Demikian laporan stasiun televisi Norwegia, NRK, Jumat (11/10/2013).

”Menurut informasi yang diperoleh (dari siaran pers) ke NRK, Hadiah Nobel Perdamaian 2013 akan diberikan kepada organisasi yang didukung PBB, yakni Organisasi Pelarangan Senjata Kimia ( OPCW ),” tulis NRK, dalam situsnya.

Bermarkas di Den Haag, OPCW didirikan pada tahun 1997 untuk melaksanakan Konvensi Senjata Kimia yang ditandatangani pada tanggal 13 Januari 1993. Kegiatan mereka saat ini memang menjadi sorotan dunia, karena menjalankan misis pembongkaran gudang senjata kimia Suriah serta membantu menghancurkannya hingga batas waktu pertengahan 2014. Misi OPCW, di bawah mandat resolusi Dewan Keamanan PBB.

Sebuah tim sekitar 30 ahli senjata OPCW dan personel dari PBB, tengah bekerja di Suriah, di bawah baying-bayang perang sipil yang berkecamuk. Setiap kegiatan mereka, selalu ditayangkan langsung oleh stasiun televisi Suriah, dan bisa disaksikan jutaan orang di seluruh dunia.

Sebelum informasi penerimaan hadiah Nobel Perdamaian 2013 bakal jatuh ke OPCW, ada nominator lain yang difavoritkan. Yakni, Malala Yousafzai, 16, gadis Pakistan yang selamat setelah kepalanya ditembak militan Taliban tahun lalu.

Malala difavoritkan sebagai calon penerma Nobel Perdamaian 2013, karena menjadi ikon perjuangan anak muda untuk memperjuangkan hak pendidikan, meski di bawah ancaman pembunuhan kelompok militan Taliban Pakistan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2362 seconds (0.1#10.140)