China coba wujudkan denuklirisasi di Semenanjung Korea

Senin, 07 Oktober 2013 - 20:11 WIB
China coba wujudkan denuklirisasi di Semenanjung Korea
China coba wujudkan denuklirisasi di Semenanjung Korea
A A A
Sindonews.com - Presiden China, Xi Jinping mengatakan, China akan mewujudkan denuklirisasi dan menjaga perdamaian dan stabilitas di wilayah Semenanjung Korea, Senin (7/10/2013). Ungkapan tersebut disampaikan Jinping setelah melakukan dialog dan konsultasi dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye jelang KTT 21 APEC di Indonesia.

"China menegaskan, bahwa masalah yang terjadi di Semenanjung Korea harus diselesaikan melalui dialog dan konsultasi," ungkap Jinping kepada Geun-hye.

"China dengan tegas mendukung berbagai upaya untuk memperbaiki hubungan antara Korsel dan Korea Utara (Korut)," imbuh Jinping. Ia melanjutkan, saat ini tengah berlangsung sebuah momentum relaksasi ketegangan di Semenanjung Korea, yang ditandai dengan kemajuan hubungan antara Korsel dan Korut selama empat bulan terakhir.

"Saya berharap kedua belah pihak dapat berkerjasama, mencapai konsensus dan menciptakan kondisi yang saling menguntungkan, sehingga dapat memulai kembali perundingan dengan kelompok enam yang segera dijadwalkan. Melalui dialog dan konsultasi diharapkan mampu mendorong proses denuklirisasi di Semenanjung Korea daripada konfrontasi bersenjata," papar Jinping.

"China siap memelihara komunikasi, koordinasi dan kerjasama dengan Korsel," imbuh Jinping.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3871 seconds (0.1#10.140)