Presiden Filipina: Masyarakat adalah bos saya

Minggu, 06 Oktober 2013 - 15:43 WIB
Presiden Filipina: Masyarakat adalah bos saya
Presiden Filipina: Masyarakat adalah bos saya
A A A
Sindonews.com - Presiden Filipina Benigno Aquino mengaku bahwa proses transisi demokrasi yang dialami oleh negaranya bukanlah proses yang mudah.

Namun Aquino mengungkapkan bahwa transisi dari pemerintahan sebelumnya yang korup dan tidak transparan menuju demokratisasi dapat berjalan dengan baik karena dirinya menempatkan rakyat Filipina sebagai pemimpin sesungguhnya.

"Bos kami adalah masyarakat Filipina. Dan kami percaya masyarakat akan lebih terbiasa ke depannya," ujar Aquino di Hotel Westin Nusa Dua, Bali, Minggu (6/10/2013).

Dia mengakui, Filipina memiliki sejarah yang kurang menyenangkan mengenai korupsi yang terjadi di negaranya. Namun hal tersebut merupakan sebuah tantangan besar yang harus dikerjakan Aquino.

"Saya percaya bukan hanya pemerintah, namun juga masyarakat yang menginginkan ini. Jadi, kita juga akan libatkan anggota parlemen dan masyarakat untuk capai tata kelola pemerintahan yang baik," lanjutnya.

Salah satu yang telah dilakukan Aquino adalah program bantuan sosial yang dialokasikan kepada 4 juta keluarga miskin di Filipina.

"Program ini dilakukan agar anak-anak mereka dapat terus bersekolah, dan terbukti bahwa ada peningkatan 40 persen angka kelulusan perguruan tinggi dibandingkan lulusan sekolah dasar," pungkasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4926 seconds (0.1#10.140)