Australia setuju tampung 500 pengungsi Suriah

Kamis, 03 Oktober 2013 - 23:44 WIB
Australia setuju tampung 500 pengungsi Suriah
Australia setuju tampung 500 pengungsi Suriah
A A A
Sindonews.com – Sebanyak 500 pengungsi Suriah akan menetap di Australia. Ratusan pengungsi ini akan berada di bawah penguatan program kemanusiaan yang menjamin lebih banyak tempat pemukiman bagi mereka yang menunggu dalam keadaan putus asa di seluruh dunia.

Pernyataan itu dilontarkan oleh Menteri Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan Australia, Scott Morrison, Kamis (3/10/2013). Dia juga menegaskan, bahwa Australia akan bergabung dengan 16 negara lain dalam program pemukiman kembali yang didorong oleh badan pengungsi PBB, UNHCR.

"Pemerintah Australia akan bekerja dengan UNHCR untuk mengidentifikasi mereka dan menawarkan tempat pemukiman, yang akan ditargetkan untuk orang-orang yang sangat rentan membutuhkan perlindungan," lanjutnya.

"Kebijakan pemerintah menyangkal visa permanen untuk mereka yang tiba secara ilegal dengan perahu, akan memungkinkan Australia untuk terus menawarkan pemukiman yang ditargetkan kepada mereka yang paling membutuhkan," tambah Morrison.

Selain itu, Australia juga akan terus membantu UNHCR dalam respon terkoordinasi internasional untuk krisis Suriah. Menurut pernyataan itu, sejauh ini Australia telah memberikan lebih dari AUD100 juta bantuan kemanusiaan terhadap krisis Suriah. Termasuk AUD45.5 juta untuk mendukung kegiatan kemanusiaan di negara-negara tetangga Suriah.

"Pendanaan kami telah mendukung UNHCR dan lembaga lainnya untuk menyediakan tempat tinggal, makanan dan air bersih bagi para pengungsi dan masyarakat setempat," kata Morrison, seperti dikutip dari Xinhua.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6357 seconds (0.1#10.140)