Parlemen Iran dukung penuh upaya diplomatik Rouhani

Rabu, 02 Oktober 2013 - 23:43 WIB
Parlemen Iran dukung penuh upaya diplomatik Rouhani
Parlemen Iran dukung penuh upaya diplomatik Rouhani
A A A
Sindonews.com – Parlemen Iran sangat mendukung upaya diplomatik yang dilakukan Presiden Hassan Rouhani di sidang Majelis Umum PBB untuk menghilangkan ketidakpercayaan dunia internasional. Kunjungan ke New York, Amerika Serikat (AS) itu juga diwarnai dengan percakapan telepon bersejarah dengan Presiden AS, Barack Obama.

Dukungan dari parlemen, yang dikendalikan oleh faksi-faksi politik yang sangat setia kepada Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, merupakan tanda lebih lanjut bahwa Rouhani mendapat dukungan dari pemerintahan Iran. Sebelumnya, setelah melakukan percakapan telepon dengan Obama, beredar kabar kalau kelompok garis keras menetang langkah yang diambil Rouhani itu.

Seperti dilaporkan kantor berita ISNA, Rouhani telah memberi penjelasan di hadapan anggota parlemen Iran soal perjalanannya ke sidang Majelis Umum PBB, termasuk diskusi tentang sengketa program nuklir Iran dengan dunia Barat dan regional. Khamenei sendiri belum memberikan komentar publik soal perjalanan Rouhani itu.

Dilaporkan, 230 anggota parlemen, dari total 290 anggota, menandatangani pernyataan yang mengungkapkan dukungan mereka dengan sikap Rouhani untuk menyajikan citra kuat dan mencari perdamaian Iran, yang berusaha melakukan pembicaraan dan interaksi bagi penyelesaian isu-isu regional dan internasional.

Sementara Perdana Menteri Israel sangat mengecam sikap yang ditunjukan Rouhani di sidang Majelis Umum PBB itu. Namun, Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan, Netanyahu dan lobi Zionis berusaha untuk menghambat negosiasi.

"Kami tidak akan membiarkan Netanyahu menentukan masa depan pembicaraan kami," tulis Zarif di halaman Facebook-nya. Putaran berikutnya dari perundingan nuklir antara Iran dan enam kekuatan dunia akan berlangsung di Jenewa pada 15-16 Oktober mendatang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6595 seconds (0.1#10.140)