Presiden Iran bersumpah tak akan buat bom nuklir

Kamis, 19 September 2013 - 09:52 WIB
Presiden Iran bersumpah tak akan buat bom nuklir
Presiden Iran bersumpah tak akan buat bom nuklir
A A A
Sindonews.com - Presiden Iran, Hassan Rouhani, bersumpah bahwa pemerintahnya tidak akan pernah mengembangkan senjata nuklir. Rouhani akan melunak, dan mencairkan kebekuan konflik diplomatik Iran dengan negara-negara Barat.

Dalam sebuah wawancara dengan NBC News, kemarin, atau sepekan sebelum melakukan perjalanan ke New York untuk hadir di sidang PBB, Rouhani menegaskan, negaranya siap bernegosiasi soal nuklir Teheran, baik dengan Amerika Serikat maupun dengan negara Barat lainnya.

”Kami punya waktu, dan sekali lagi mengatakan bahwa dalam kondisi apapun untuk membuat sejata pemusnah massal, termasuk senjata nuklir, kami tidak akan pernah melakukannya,” kata Rouhani, ketika ditanya, apakah Iran memang mengembangkan senjata nuklir, seperti dikutip Reuters, Kamis (19/9/2013).

Washington dan sekutunya, terus mewaspadai dan mencurigai, jika negeri para Mullah itu, sedang mengembangkan senjata nuklir. Meskipun, pihak Teheran berulang kali menepisnya.

Rouhani, dalam kesempatan itu, juga mengungkap perihal aksi berbalas surat dengan Presiden AS, Barack Obama. Menurutnya, isi suratnya dengan Obama selama ini hanya bertukur pikiran soal hal-hal positif dan konstruktif. ”Ini bisa menjadi langkah halus dan kecil yang sangat penting untuk masa depan,” kata Rouhani.

Sementara itu, pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan, bahwa pengembangan senjata nuklir tidak konsisten dengan nilai-nilai Islam. Dia pun tidak mempermasalahkan sikap fleksibel Rouhani, yang membuka solusi kompromi untuk mengakhiri sengketa Teheran dengan negara-negara Barat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7252 seconds (0.1#10.140)