Jenderal Israel: Tak mudah gulingkan Assad

Rabu, 18 September 2013 - 17:10 WIB
Jenderal Israel: Tak mudah gulingkan Assad
Jenderal Israel: Tak mudah gulingkan Assad
A A A
Sindonews.com – Seorang jenderal Israel, mengakui, tidak mudah untuk menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Menurutnya, Assad bisa memegang kekuasaan selama bertahun-tahun, meskipun telah kehilangan seluruh kontrol negaranya.

Pernyataan itu disampaikan komandan di perbatasan Israel dengan Suriah, Mayor Jenderal Yair Golan, kepada surat kabar Israel, Yeditoh Ahronoth, yang diterbitkan Rabu (18/9/2013). Komentar itu, mewarnai perdebatan, bahwa pemberontakan selama 2,5 tahun dan berujung pada tunduknya Assad untuk menyerahkan senjata kimia, akan menjadi celah bagi lengsernya Assad.

Tapi, Jenderal Golan, tidak menganggap remeh kekuatan rezim Assad. ”Dia akan tinggal (berkuasa) selama bertahun-tahun. Saya tidak melihat kekuatan apapun bisa menumbangkan esok hari,” kata Golan, seperti dikutip Reuters.

Komentar itu, menjadi “pendingin” ambisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, bahwa, dia menginginkan agar Assad segera lengser. Sebab, dengan lengsernya Assad, akan memecah aliansi Suriah-Iran-Hizbullah Libanon. Namun, utusan Israel, Michael Oren , tidak menjelaskan bagaimana Israel mempromosikan penggulingan Assad.

Kendati demikian, kata Golan, Assad telah kehilangan kontrol lebih dari 60 persen negaranya. Menurutnya, rezim Assad bisa bertahan dalam menghadapi pemberontak, tidak lain karena berkat bantuan Rusia.

Golan mengecilkan klaim Suriah yang bisa menyerang Israel. Sebab, sesuai data yang dia pegang, Assad telah kehilangan 15 ribu pasukannya. Sedangkan 50 persen rudal jarak jauh, telah dikuasai para pemberontak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8308 seconds (0.1#10.140)
pixels