Separuh pemberontak Suriah, kelompok Islam garis keras

Senin, 16 September 2013 - 12:10 WIB
Separuh pemberontak Suriah, kelompok Islam garis keras
Separuh pemberontak Suriah, kelompok Islam garis keras
A A A
Sindonews.com – Sebuah riset yang dilakukan lembaga konsultasi pertahanan di Inggris mengungkap, bahwa, separuh dari para pemberontak penentang rezim Presiden Suriah, Bashar al-Assad, adalah kelompok Islam garis. Hasil riset itu, diterbitkan Monday's Daily Telegraph.

Lembaga konsultasi pertahanan yang berada di Inggris, IHS Jane, mengungkap riset mereka pada akhir pekann lalu. Jumlah pemberontak Suriah, diperkirakan mencapai 100 ribu orang.

Menurut IHS Jane, sekitar 10 ribu orang merupakan kelompok jihadis yang berjuang untuk kelompok yang terkait dengan al-Qaeda. Kemudian, 30 ribu atau 35 ribu orang lainnya merupakan kelompok Islam garis keras yang hanya berkonsentrasi pada konflik Suriah.

”Pemberontakan itu sekarang didominasi oleh kelompok-kelompok yang memiliki sudut pandang konflik pada Islam,” kata Charles Lister, penulis riset tersebut, seperti dikutip Fox News, kemarin.

”Ada gagasan, bahwa sebagian besar kelompok-kelompok sekuler yang memimpin oposisi tidak diaggap,” lanjut Lister. ”Jika negara-negara Barat tampak seolah-olah tidak tertarik untuk menghapus Assad, kelompok Islamis moderat kemungkinan akan menekan lebih lanjut terhadap kelompok ekstrimis.”

Penelitian lembaga tersebut, didasarkan pada wawancara dengan militan dan data dari para intelijen.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5750 seconds (0.1#10.140)