HRW soroti 'konflik' Pemerintah RI dengan Ford

Kamis, 12 September 2013 - 18:14 WIB
HRW soroti konflik Pemerintah...
HRW soroti 'konflik' Pemerintah RI dengan Ford
A A A
Sindonews.com – Human Right Watch (HRW), sebuah kelompok kemanusiaan internasional terkemuka, mengkritisi perseteruan Pemerintah Indonesia dengan aktor Hollywood, Harisson Ford. Perseteruan itu bermula, dari wawancara Ford terhadap Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, yang dianggap tidak sopan.

Menurut HRW, dalam rilisnya kepada Sindonews, Kamis (12/9/2013), daripada bertikai dengan selebiriti internasional yang hanya akan membuat malu, lebih baik Pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mereformasi praktik pengelolaan hutan di Indonesia.

Perseteruan Pemerintah Indonesia dengan aktor film “Indiana Jones”, itu bermula dari upaya Ford yang ingin membuat serial televisi tentang perubahan iklim. Ford kemudian mewawancarai Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. Namun, dalam wawancara itu, Hasan menyebut, Ford tidak sopan, karena sangat emosional ketika melakukan wawancara.

Perseteruan itu berlanjut, setelah penasihat Presiden SBY, Andi Arief, menyebut Ford telah melecehkan lembaga negara, dan mengancam akan mendeportasi Ford berserta krunya.

Menurut HRW, SBY dan Hasan pasti memiliki banyak jawaban tentang pembalakan liar terhadap hutan di Indonesia. HRW menilai, ancaman deportasi itu, mencerminkan pola respon Pemerintah Indonesia yang membungkam kritik dan informasi. HRW juga menganggap Pemerintah Indonesia mengabaikan krisis di sektor kehutanan Indonesia.

”Itu mencerminkan kegagalan untuk menegakkan hukum dan peraturan yang ada, yang pada gilirannya menelurkan konflik tanah yang sering berujung pada kekerasan,” tulis HRW dalam rilisnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0727 seconds (0.1#10.140)