Korsel luncurkan kapal selam berbobot 1.800 ton

Rabu, 14 Agustus 2013 - 01:51 WIB
Korsel luncurkan kapal selam berbobot 1.800 ton
Korsel luncurkan kapal selam berbobot 1.800 ton
A A A
Sindonews.com – Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel) pada Selasa (13/8/2013), meluncurkan kapal selam berbobot 1.800 ton. Kapal selam jenis 214 ini diluncurkan untuk meningkatkan kemampuan perang bawah laut Korsel.

Kapal selam ini diluncurkan pada sore hari di galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, di Pulau Geoje, tenggara Seoul. Demikian dinyatakan oleh Angkatan Laut Korsel, seperti dikutip dari Xinhua.

Kapal selam ini diberi nama Kim Jwa-jin, yang diambil dari nama seorang Jenderal Korsel yang terkenal dalam peperangan di masa penjajahan Jepang di Korsel. Jwa-jin memimpin pertempuran Cheongsan-ri untuk mengalahkan 3.300 tentara Jepang, kemenangan terbesar dari gerakan independen Korsel.

Presiden Korsel, Park Geun-hye, Menteri Pertahanan Kim Kwan-jin dan pejabat senior militer lainnya menghadiri upacara peluncuran kapal selam tersebut. "Kapal selam Kim Jwa-jin akan memberikan banyak kontribusi untuk menegakkan kedaulatan maritim kita," kata Geun-hye.

"Dalam realitas konflik tajam antara kepentingan nasional, diperlukan upaya untuk melindungi perairan kita dan kepentingan nasional kita di perairan," lanjutnya. Kapal selam ini dapat menyerang 300 target secara simultan dan mengoperasikan berbagai misi, seperti peperangan anti-kapal, anti-air dan anti-kapal selam.

Kapal selam bermesin disel ini dapat melakukan perjalanan pulang pergi dari Seoul ke Hawaii tanpa pengisian bahan bakar. Kapal ini juga dapat melakukan misi bawah air selama dua pekan tanpa perlu muncul ke permukaan laut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6259 seconds (0.1#10.140)
pixels