AS desak Korut bebaskan Kenneth Bae

Selasa, 13 Agustus 2013 - 12:40 WIB
AS desak Korut bebaskan...
AS desak Korut bebaskan Kenneth Bae
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Amerika Serikat (AS) pada Senin (12/8/2013), mendesak Korea Utara (Korut) untuk membebaskan seorang warga AS, Kenneth Bae. Menurut Pemerintah AS, kondisi kesehatan Bae memburuk.

Departemen Luar Negeri mendapat informasi dari kakak perempuan Kenneth Bae, bahwa operator tur keturunan Korea-Amerika itu dipindahkan dari penjara ke rumah sakit di Korut. "Sudah jelas bahwa kesehatan Bae semakin memburuk," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Marie Harf, Senin (12/8/2013), seperti dikutip dari Xinhua.

"Kami akan terus mendesak DPRK untuk memberinya amnesti dan segera dibebaskan, sehingga dia bisa kembali ke rumah," lanjut Harf, yang menggunakan nama resmi Korut, Republik Demokrasi Rakyat Korea.

Menurut Harf, Duta besar Swedia, yang menangani kepentingan AS di Korut karena tidak adanya hubungan antara Washington dan Pyongyang, mengunjungi Bae di rumah sakit pada Jumat pekan lalu. “Itu adalah kunjungan pertama sejak Mei lalu, ketika Duta Besar melihat Bae di penjara,” kata Harf.

Bae, yang memiliki nama Korea, Pae Jun-Ho, ditangkap pada November tahun lalu saat memasuki pelabuhan timur laut kota Rason, Korut. Pemerintah Korut menjatuhkan hukuman 15 tahun kerja paksa atas tuduhan berusaha menggulingkan rezim Kim Jong-un.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8815 seconds (0.1#10.140)