Pria AS sakit parah di penjara Korut

Minggu, 11 Agustus 2013 - 18:34 WIB
Pria AS sakit parah di penjara Korut
Pria AS sakit parah di penjara Korut
A A A
Sindonews.com - Keluarga seorang misionaris AS, Kenneth Bae, yang ditahan di Korea Utara (Korut) sejak tahun lalu, mengkhawatirkan kondisi kesehatan Bae. Menurut pihak keluarga, Bae sakit parah dan telah dipindahkan dari kamp kerja paksa ke rumah sakit.

Kenneth Bae, yang dijatuhi hukuman kerja paksa selama 15 tahun karena tuduhan berusaha menggulingkan pemerintah Korut. Pria AS itu, menderita diabetes dan pembesaran jantung.

Adik Kenneth Bae, Terri Chung, mengatakan, usia Bae sudah 45 tahun dan terlalu lemah untuk menjalani hukuman kerja paksa. Pemerintah AS telah mengajukan banding ke Korut untuk membebaskan Bae.

Bae (di Korut dikenal sebagai Pae Jun-ho) ditahan tahun lalu, setelah memasuki Korut sebagai turis. Ia dijatuhi hukuman pada bulan Mei 2013. Ia dituduh menggunakan kedok usaha pariwisata untuk membentuk kelompok yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintah Korut.

Terri Chung, mengatakan, ia baru saja menerima kunjungan seorang diplomat Swedia, dan diberitahu bahwa kakaknya sekarang berada di rumah sakit. ”Kami sangat khawatir tentang kesehatannya. Saya pikir, kondisi kesehatannya telah memburuk,’ katanya, seperti dikutip BBC, Minggu (11/8/2013).

Korut telah menangkap beberapa warga AS dalam beberapa tahun terakhir, termasuk wartawan dan para misionaris Kristen. Mereka dibebaskan setelah kunjungan para pejabat tinggi AS seperti mantan presiden Bill Clinton dan Jimmy Carter ke Pyongyang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5876 seconds (0.1#10.140)