Obama: Presiden Rusia ibarat anak yang bosan

Sabtu, 10 Agustus 2013 - 15:03 WIB
Obama: Presiden Rusia ibarat anak yang bosan
Obama: Presiden Rusia ibarat anak yang bosan
A A A
Sindonews.com - Presiden AS Barack Obama, dalam konferensi pers di Gedung Putih kemarin, mengatakan, sikap Presiden Rusia Vladimir Putin saat ini, membawa Kremlin seperti tahun lalu yang beretorika anti-Amerika. Obama berpendapat, Rusia sedang bermain dengan stereotip lama tentang Perang Dingin antara AS dan Rusia.

Presiden AS itu, bahkan mengibaratkan Presiden Rusia Vladimir Putin seeperti "anak yang sedang bosan, yang di belakang kelas." Komentar Obama itu muncul di tengah ketegangan tinggi antara kedua negara terkait banyak isu, terutama soal Snowden.

”Saya tahu, pers suka pada bahasa tubuh, dan dia punya semacam bungkuk, tampak seperti anak yang bosan di belakang kelas,” kata Obama, seperti dikutip Press TV, Sabtu (10/8/2013).

Kendati demikian, Obama menegaskan, bahwa ia tidak memiliki hubungan pribadi yang buruk dengan Putin. ”Tapi kenyataannya adalah bahwa ketika kita berada di percakapan bersama-sama, seringkali itu sangat produktif,” ujar Obama.

Komentar Obama itu muncul, setelah pejabat senior AS dan Rusia bertemu untuk menjajaki kemungkinan kerjasama. Para pejabat senior itu, mengatakan, beberapa kesepakatan telah dicapai, seperti pada kerjasama militer dan kebutuhan untuk mendorong solusi politik bagi konflik di Suriah.

Hubungan AS dan Rusia memanas, ketika Rabu lalum Gedung Putih mengumumkan bahwa Presiden Obama telah membatalkan pertemuan puncak dengan Putin September 2013. Pembatalan pertemuan secara sepihak itu, sebagai balasan atas keputusan Moskow yang memberikan suaka sementara kepada whistleblower NSA, Edward Snowden, yang diburu pemerintah AS karena membocorkan penyadapan rahasia AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5922 seconds (0.1#10.140)