Makam di Italia ini digali untuk mencari Mona Lisa

Sabtu, 10 Agustus 2013 - 11:44 WIB
Makam di Italia ini digali untuk mencari Mona Lisa
Makam di Italia ini digali untuk mencari Mona Lisa
A A A
Sindonews.com - Para ilmuwan di kota Florence, Italia, telah menggali makam untuk mengambil DNA dari jasad yang ada di dalam kubur. Mereka berharap DNA yang akan diteliti itu, merupakan model lukisan Leonardo da Vinci, Mona Lisa.

Makam tersebut berisi keluarga Lisa Gherardini, istri seorang pedagang kain sutra, yang diyakini sebagai aktris di masanya. Diharapkan DNA itu, akan membantu untuk mengidentifikasi sosok Mona Lisa dari tiga kerangka manusia yang ditemukan setahun lalu di sebuah biara di dekat makam.

Para ahli selama berabad-abad bingung dengan misteri wanita dalam lukisan da Vinci yang disebut-sebut bernama Mona Lisa itu.

Untuk menemukan DNA yang mereka butuhkan, para ilmuwan menggali lubang bundar di lantai batu di sebuah gereja keluarga Florentine, seorang pedagang kain sutra di Francesco del Giocondo. Makam ini terletak di belakang altar Basilika Annunziata Santissima.

Penulis dan peneliti Silvano Vinceti, berencana untuk membandingkan DNA dari tulang jasad itu dengan tiga tulang wanita yang dikubur di biara terdekat Saint Ursula. Lisa Gherardini meninggal di sana, sebagai seorang biarawati pada tahun 1542

Mereka berharap, beberapa jasad itu memikiki hubungan darah. ”Ketika kami menemukan kecocokan antara ibu dan anak, maka kita akan menemukan Mona Lisa," kata Vinceti, sebagaimana di lansir BBC, Sabtu (10/8/2013).

Kata Vinceti, setelah ada perbandingan DNA, gambar wajah Gherardini yang direka ulang dari tengkoraknya, akan dibandingkan dengan wajah di lukisan da Vinci.

Leonardo da Vinci butuh waktu sekitar 15 tahun untuk menyelesaikan salah satu lukisan paling terkenal sepanjang masa tersebut. Setelah kematian da Vinci, lukisan itu diakuisisi oleh Raja Perancis. Lukisan ini sekarang menjadi daya tarik terbesar di museum Louvre di Paris.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7292 seconds (0.1#10.140)