Ahmadinejad ditunjuk masuk Dewan Kebijaksanaan

Senin, 05 Agustus 2013 - 21:12 WIB
Ahmadinejad ditunjuk masuk Dewan Kebijaksanaan
Ahmadinejad ditunjuk masuk Dewan Kebijaksanaan
A A A
Sindonews.com – Pemimpin tertinggi spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei, pada Senin (5/8/2013), menunjuk Mahmoud Ahmadinejad untuk masuk ke dalam Dewan Kebijaksanaan. Penunjukkan ini terjadi satu hari setelah berakhirnya masa jabatan Ahmadinejad sebagai Presiden Iran.
Saat mengumumkan penunjukan Ahmadinejad, Khamenei memuji kebijakan-kebijakan yang diambil Ahmadinejad selama menjabat sebagai Presiden Iran. "Mengingat pengalaman panjang dan upaya yang Anda lakukan selama delapan tahun, saya menunjuk Anda sebagai anggota Dewan Kebijaksanaan," sebut bunyi pernyataan yang dimuat di situs Khamenei, seperti dikutip dari AFP.

Dewan Kebijaksanaan adalah badan arbitrase politik negara itu yang dipimpin oleh mantan presiden, Akbar Hashemi Rafsanjani. Selama 8 tahun masa jabatan Ahmadinejad sebagai presiden, Rafsanjani selalu mengkritik kebijakan yang diambil Ahmadinejad.

Dewan Kebijaksanaan sendiri dihuni oleh tokoh-tokoh agama dan politik tingkat tinggi, serta mantan pejabat pemerintah. Badan ini bertugas menyelesaikan masalah legislatif antara parlemen dan Dewan Penjaga, dalam masalah konstitusi.

Dewan Kebijaksanaan didominasi oleh kaum konservatif dan bertindak sebagai badan penasehat untuk Khamenei, pemimpin tertinggi republik Islam Iran yang memutuskan kata akhir pada semua kebijakan kunci, termasuk pembicaraan nuklir dan kebijakan luar negeri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6434 seconds (0.1#10.140)