Angkatan Laut Sri Lanka selamatkan 7 manusia perahu

Rabu, 24 Juli 2013 - 23:36 WIB
Angkatan Laut Sri Lanka selamatkan 7 manusia perahu
Angkatan Laut Sri Lanka selamatkan 7 manusia perahu
A A A
Sindonews.com – Tujuh warga Sri Lanka yang mencoba untuk bermigrasi ke Australia secara ilegal, diselamatkan oleh intervensi Angkatan Laut negara itu, Rabu (24/7/2013).

“Orang-orang yang mencoba secara ilegal bermigrasi, diselamatkan dari sebuah kapal penangkap ikan oleh kapal-kapal dagang di perairan internasional, setelah Angkatan Laut Sri Lanka mengirim pesan,” ujar Juru Bicara Angkatan Laut Sri Lanka, Kosala Warnakulasuriya, seperti dikutip dari Xinhua.

"Kami percaya, bahwa kapal penangkap ikan meninggalkan pelabuhan di selatan Galle pada awal pekan ini. Karena sudah menyeberang ke perairan internasional, sulit bagi kami untuk menyelamatkan mereka. Oleh karena itu, kami mengirim pesan ke kapal dagang yang melintas di wilayah itu untuk menyelamatkan mereka,” lanjutnya.

Setelah AL Sri Lanka dijemput mereka, para manusia perahu itu dibawa ke garis batas maritim yang memisahkan perairan internasional dan perairan Sri Lanka. Warnakulasuriya mengatakan, penyelidikan terhadap penyelundup manusia yang terlibat dalam insiden itu masih berlangsung.

Hingga kini, jumlah pencari suaka dari Sri Lanka ke Australia telah meningkat dan mendorong pemerintah Australia untuk mengambil langkah-langkah sulit untuk mencegah mereka untuk mencapai negara itu.

Hampir 1.300 warga Sri Lanka telah dikembalikan oleh pemerintah Australia setelah mereka berusaha untuk secara ilegal bermigrasi dengan menggunakan perahu. Setidaknya 1.500 orang telah ditangkap oleh Angkatan Laut Sri Lanka ketika mencoba untuk meninggalkan Sri Lanka dengan perahu.

Pemerintah Australia bekerja sama dengan Angkatan Laut Sri Lanka untuk memantau dan mencegah manusia perahu dari Sri Lanka dan telah menerapkan program kesadaran untuk mencegah penduduk setempat bermigrasi secara ilegal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4829 seconds (0.1#10.140)