Seorang Kopral meninggal, ribuan warga Taiwan berdemo

Sabtu, 20 Juli 2013 - 23:33 WIB
Seorang Kopral meninggal, ribuan warga Taiwan berdemo
Seorang Kopral meninggal, ribuan warga Taiwan berdemo
A A A
Sindonews.com – Ribuan demonstran berunjuk rasa di Taiwan, Sabtu (20/7/2013), untuk menuntut keadilan bagi seorang anggota militer Taiwan, Hung Chung-chiu, yang diduga meninggal dunia akibat tekanan berlebihan dalam sesi latihan.

Kasus ini telah memicu kemarahan di hampir seluruh wilayah Taiwan. Para demonstran memegang spanduk bertuliskan "Pembunuhan" dan "Kami ingin kebenaran". Mereka berkumpul di luar gedung Kementerian Pertahanan, dua pekan setelah Chung-chiu meninggal.

Beberapa demonstran menyanyikan lagu-lagu yang mengejek militer. Sementara demonstran lain membuat pertunjukan air minum kemasan, sebagai bentuk sindiran dan keprihatinan. Beredar kabar, atasan Chung-chiu menolak memberinya air, meskipun Chung-chiu berkali-kali meminta.

"Begitu banyak orang datang ke sini hari ini untuk menuntut kebenaran," kata paman Chung-chiu, Hu Shih-ho. Saya berharap, Presiden Ma Ying-jeou dan Menteri Pertahanan Kao Hua-chu akan membuka mata mereka untuk melihat ini dan mendengarkan kami," lanjutnya.

Kementerian pertahanan Taiwan sendiri telah meminta maaf atas kematian Chung-chiu dan oditur militer sedang menyelidiki penyebab kematiannya.

"Saya minta maaf kepada kalian semua," kata Wakil Menteri Pertahanan Taiwan, Andrew Yang, pada kerumunan, sebelum membungkuk singkat kepada mereka. "Tolong beri Kementerian Pertahanan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan sebelumnya dan mengklarifikasi fakta," lanjutnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6541 seconds (0.1#10.140)