Komentar Dubes Vatikan bikin Muslim Malaysia marah

Rabu, 17 Juli 2013 - 19:12 WIB
Komentar Dubes Vatikan...
Komentar Dubes Vatikan bikin Muslim Malaysia marah
A A A
Sindonews.com - Komentar Duta Besar Vatikan, Uskup Agung Joseph Marino menuai sentimen berbau agama di Malaysia. Musababnya, Dubes itu mendukung penggunaan kata "Allah" oleh umat Kristen, yang memicu kemarahan warga Muslim Melayu di Malaysia.

Sentimen agama itu semakin mempertajam intoleransi di Malaysia yang multi-entis dan multi-agama, setelah Pemilu berlangsung Mei lalu. ”Uskup Agung Marino disarankan untuk berhati-hati, terkait sinsitivitas agama di negara tuan rumah (Malaysia),” kata Kementerian Luar Negeri Malaysia, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Rabu (17/7/2013).

Marino, tiba di negara itu pada April lalu, untuk meminta maaf atas kesalahpahaman dan ketidaknyamanan terkait komentarnya. Tapi, sejumlah organisasi Muslim Malaysia justru menuntut Marino mencabut komentarnya, bahkan minta Pemerintah Malaysia mengusirnya.

”Komentar duta itu telah menyentuh pada kepekaan Muslim dan seharusnya tidak terjadi,terlebih saat ini dalam momen Ramadan,” kata Hassan Ali, Kepala JATI, sebuah kelompok Islam, seperti dikutip oleh kantor berita nasional Bernama.

Dalam wawancara dengan media, Marino pada pekan lalu mengatakan, ia mendukung argumen yang dibuat oleh Christian Federation of Malaysia mengenai kenapa orang Kristen harus
diizinkan untuk menggunakan kata “Allah”. ”Dalam hal bagaimana mereka mempresentasikan argumen yang mendukung, itu tampaknya cukup logis dan dapat diterima, "katanya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8805 seconds (0.1#10.140)