Teheran: Israel, rezim penghasut perang

Selasa, 16 Juli 2013 - 17:29 WIB
Teheran: Israel, rezim penghasut perang
Teheran: Israel, rezim penghasut perang
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Iran, pada Selasa (16/7/2013) membalas komentar pedas Pemerintah Israel yang sebelumnya menyerukan agar negara-negara di dunia tidak berhenti menekan Iran terkait program nuklirnya.

Pemerintah Iran yang kesal, membalas komentar itu dengan menyebut Israel sebagai rezim penghasut perang.

Kementerian Luar Negeri Iran, mengatakan Perdana Menteri Israel, Benjamin Nentanyahu, berusaha untuk merusak hubungan antara Iran dengan dunia. ”Negara Yahudi (Israel) sebagai sebuah rezim penghasut perang,” ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Araghchi, dikutip ABC News.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Nentanyahu, sebelumnya mengeluarkan komentar yang mengejek presiden baru Iran, Hassan Rouhani. Predikat tokoh moderat yang disandang Rouhani, kata Nentanyahu hanya kedok. Karena percaya bahwa Teheran tengah mengembakan senjata nuklir. PM Israel juga mengejek Rouhani, dengan sebutan serigala berbulu domba.

Araghchi menilai, Israel telah marah dengan kemenangan tokoh moderat Hasan Rouhani dalam pemilihan presiden bulan Juni lalu. Ia menduga, Israel khawatir dunia akan mengurangi tekanan terhadap Iran, karena kepemimpinan Rouhani yang terbuka pada dunia.

Iran selama ini terus membantah tuduhan Negara Barat dan Israel, bahwa negeri para Mullah itu, tengah mengembangkan senjata nuklir. Teheran menegaskan program nuklirnya hanya untuk tujuan damai.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4775 seconds (0.1#10.140)