Snowden ingin tinggal sementara di Rusia

Jum'at, 12 Juli 2013 - 22:41 WIB
Snowden ingin tinggal sementara di Rusia
Snowden ingin tinggal sementara di Rusia
A A A
Sindonews.com – Buronan intelijen Amerika Serikat (AS), Edward Snowden menyatakan, ia akan mengajukan permintaan suaka ke Rusia untuk mendapat izin tinggal sementara di negara itu sampai dia dapat melakukan perjalanan ke Amerika Latin

"Saya akan mengirimkan permintaan saya ke Rusia hari ini dan berharap akan diterima positif," kata Snowden melalui aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Rusia yang menemuinya dalam pertemuan tertutup di Bandara Sheremetyevo, Moskow, Jumat (12/7/2013) sore, seperti dikutip dari Reuters.

Menurut transkrip pernyataannya, Snowden meminta aktivis HAM Rusia untuk memberi bantuan dalam mengamankan suaka yang diajukannya di Rusia, sampai ia mampu melakukan perjalanan ke Amerika Latin, di mana sudah ada tiga negara yang menawarkan suaka padanya.

Sementara itu, perwakilan Human Rights Watch, Tanya Lokshina mengatakan kepada wartawan, bahwa Snowden mengatakan, "dia ingin tinggal di sini". Sebelumnya, pada pekan lalu, Pemerintah Rusia menyatakan, bahwa Snowden telah menarik permohonan suakanya.

Namun beberapa pekan sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin pernah menyatakan, bahwa Snowden boleh tinggal di Rusia, jika ia berjanji tidak akan melakukan kegiatan yang merugikan Amerika Serikat.

Menurut pengacara Genri Reznik yang hadir pada pertemuan di Bandara Sheremetyevo, Snowden berjanji, bahwa ia tidak akan bertindak merugikan AS. "Dia (Snowden) memandang posisi presiden Rusia dengan pemahaman," kata Reznik. "Dia mengerti, bahwa memberinya suaka politik akan rumit dan akan menimbulkan ketegangan hubungan antara Rusia dan AS."
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6864 seconds (0.1#10.140)