Ikhwanul Muslimin kembali serukan aksi protes massal

Selasa, 09 Juli 2013 - 03:25 WIB
Ikhwanul Muslimin kembali serukan aksi protes massal
Ikhwanul Muslimin kembali serukan aksi protes massal
A A A
Sindonews.com – Ikhwanul Muslimin dan partai Islam lainnya di Mesir, kembali menyerukan aksi protes massal pada Selasa (9/7/2013). Seruan ini dilayangkan kaum Muslim Mesir dan pendukung presiden terguling Mohamed Morsi, setelah 51 orang dinyatakan tewas akibat tembakan tentara Mesir.

"Dalam protes terhadap kudeta militer yang diikuti oleh tindakan represif dan pembantaian oleh Garda Republik yang berlangsung saat fajar, kita memanggil semua warga negara untuk melakukan aksi protes pada Selasa di Mesir," ujar Hatem Azam, seorang juru bicara koalisi yang dipimpin oleh Ikhwanul Muslimin, seperti dikutip dari Reuters.

Pendukung Morsi menyalahkan militer karena telah menembaki mereka di luar kompleks Pengawal Republik, di mana mantan Morsi diyakini telah ditahan. Sementara militer Mesir menyatakan, mereka melepaskan tembakan, setelah pendukung Morsi menembak terlebih dulu.

Sejumlah pihak di luar Mesir telah meminta militer negara itu untuk menahan diri dalam menangani aksi protes. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) pada Senin (8/7/2013), menyerukan tentara Mesir untuk "menahan diri secara maksimum" dalam menangani pengunjuk rasa.

"Kami sangat mengutuk setiap kekerasan serta hasutan apapun yang menimbulkan kekerasan," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki, dalam briefing harian, seperti dikutip dari Reuters.

"Kami menyerukan kepada militer untuk menggunakan pengendalian maksimum dalam menanggapi pengunjuk rasa. Sama seperti kami mendorong semua orang untuk melakukan tindakan damai," tambah Psaki.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7230 seconds (0.1#10.140)