Tiga pendukung Morsi ditembak mati

Sabtu, 06 Juli 2013 - 02:58 WIB
Tiga pendukung Morsi ditembak mati
Tiga pendukung Morsi ditembak mati
A A A
Sindonews.com – Setidaknya tiga pendukung presiden terguling, Mohamed Morsi, ditembak mati dalam sebuah rapat umum pro-Morsi di di luar barak Garda Republik, di Kairo, Mesir, Jumat (5/7/2013). Seperti dilaporkan AFP, Kementerian Kesehatan Mesir mengkonfirmasi tiga orang tewas di lokasi yang sama.

Kementerian itu juga mengatakan, satu orang tewas di dekat Rabaa al-Adawiya, masjid di Kairo Nasr City, di mana puluhan ribu pendukung Morsi berkumpul untuk mengecam penggulingan Morsi oleh militer.

"Salah satu demonstran mengangkat poster Morsi saat menghadapi seorang petugas dan yang terakhir ditembak mati di kepala," kata seorang saksi mata, seperti dikutip dari Xinhua. Saksi itu mengatakan, para pengunjuk rasa menggantung poster Morsi di kawat berduri di sekitar barak Garda Republik, di mana Morsi dilaporkan di bawah tahanan rumah.

Ketika suasana mulai memanas, pengawal presiden mulai menembaki para pengunjuk rasa. Korban tewas mungkin akan meningkat, karena situasi masih kacau dan banyak pengunjuk rasa telah jatuh ke tanah, sementara suara tembakan terdengar di sekitar lokasi itu.

Sementara itu, pendukung Morsi yang berasal dari kalangan Islam, melakukan demo besar-besaran pada Jumat di luar Masjid Rabaa Adaweya, pinggir Kota Kairo. Massa pendukung Morsi itu telah dikumpulkan sejak pekan lalu. Sementara, pihak militer mengerahkan kendaraan lapis baja dan membuat barikade darurat.

Ribuan orang berkerumun di lokasi tersebut. Beberapa di antaranya, meneriakkan slogan-slogan pro-Mursi.”Turun, turun dengan kekuasaan militer!,” teriak mereka, menyindir pelengseran Morsi. ”Kami menyerukan jihad di seluruh negeri,” kata mereka, dikutip Reuters.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5559 seconds (0.1#10.140)