Uni Emirat Arab memuji kudeta militer di Mesir

Kamis, 04 Juli 2013 - 17:25 WIB
Uni Emirat Arab memuji kudeta militer di Mesir
Uni Emirat Arab memuji kudeta militer di Mesir
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) memuji aksi kudeta Militer Mesir dalam menggulingkan Presiden Mohamed Morsi, semalam. UEA menyebut, Ikhwanul Muslimin sebagai pemicu tindak kekerasan di negara Teluk yang kaya minyak itu.


”Tentara Mesir sekali lagi membuktikan bahwa itu mereka melindungi (rakyat) Mesir. Mereka akan memastikan lembaga dan hukum melindungi semua komponen rakyat Mesir,” kata Menteri Luar Negeri UEA, Sheikh Abdullah bin Zayed al-Nahayan, dalam pernyataannya kepada kantor berita resmi WAM, Kamis (4/7/2013).

Ia memuji Militer Mesir yang berhasil memaksa Morsi lengser, dan membawanya ke tahanan, untuk meredam gejolak demonstrasi di Mesir dalam sepekan terakhir. Ia mengaku puas mengikuti perkembangan politik Mesir yang berakhir dengan penggulingan Morsi.

”UEA yakin, bahwa orang-orang besar dari Mesir mampu mengatasi negara itu pada saat-saat yang sulit dan bergerak menuju masa depan yang aman dan subur," katanya, yang menyebut, UEA akan memperkuat hubungan dengan Mesir.

Hubungan antara Abu Dhabi dan Kairo memanas sejak Morsi terpilih sebagai Presiden Mesir, Juni 2012. Negara Teluk itu telah mengecam pemberontakan Musim Semi Arab yang membawa pemimpin Ikhwanul Muslimin berkuasa di Tunisia dan Mesir.

Sejak tahun lalu, jaringan Ikhwanul Muslimin dianggap terlibat dalam tindakan kekerasan di UEA. Bulan lalu, sekitar 30 orang Mesir dan UEA didakwa otoritas UEA karena diduga mendirikan cabang Ikhawanul ilegal, dan dituduh merencanakan perlawanan terhadap monarki Teluk. UEA juga menolak permintaan dari Mesir untuk membebaskan warga negaranya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5176 seconds (0.1#10.140)