Ini pemimpin Mesir, setelah Morsi digulingkan

Kamis, 04 Juli 2013 - 12:33 WIB
Ini pemimpin Mesir, setelah Morsi digulingkan
Ini pemimpin Mesir, setelah Morsi digulingkan
A A A
Sindonews.com – Setelah Mohamed Morsi digulingkan dari jabatannya sebagai Presiden Mesir oleh pihak militer, negara itu langsung memiliki pemimpin baru. Pengganti Morsi itu adalah, Adly Mansour, Hakim Agung Mahkamah Konstitusi Mesir.

Adly Mansour, dikutip Reuters, Kamis (4/7/2013), dilantik sebagai Presiden Interim Mesir, untuk menggantikan Morsi, pada pukul 10.00 waktu setempat atau pukul 08.00 waktu GMT.

Dengan demikian, pemerintah sementara teknokratis di Mesir dibentuk, bersama dengan panel untuk rekonsiliasi nasional. Konstitusi akan dikaji ulang, termasuk pemilihan presiden dan parelemen Mesir.

Sebelum diangkat jadi presiden sementara pengganti Morsi, Adly Mansour adalah Hakim Agung sekaligus Kepala Mahkamah Konstitusi. Mansour menjabat posisi itu hanya dua hari, sampai akhirnya ditunjuk sebagai presiden sementara Mesir.

Ironisnya, pengangkat Mansour sebagai Kepala Mahkamah Konstitusi adalah Morsi sendiri. Mansour, 67, pernah menjabat sebagai hakim di era Presiden Hosni Mubarak. Dia bertugas di pengadilan agama dan negara. Dia pula yang membuat RUU Pemilihan Presiden yang akhrinya menempatnya Morsi ke tampuk kekuasaan Mesir tahun 2012.

”Sebelum jadi Kepala Mahkamah Konstiusi, Mansour adalah Wakil Mahkamah Konstitusi sejak 1992,” tulis BBC dalam laporannya. Kendati demikian, sosok Mansour tak pernah menonjol dalam demonstrasi penggulingan Morsi selama sepekan terakhir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6339 seconds (0.1#10.140)