SBY & Obama kompak kritik kudeta di Mesir

Kamis, 04 Juli 2013 - 11:38 WIB
SBY & Obama kompak kritik...
SBY & Obama kompak kritik kudeta di Mesir
A A A
Sindonews.com – Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden AS, Barack Obama, kompak mengkritik penggulingan Presiden Mesir, Mohamed Morsi oleh pihak militer. SBY bahkan membandingkan proses transformasi politik yang terjadi di Mesir dengan di Indonesia.

Kritikan kudeta Militer Mesir itu disampaikan SBY melalui akun Twitter-nya, @SBYudhoyono, Kamis (4/7/2013). ”Bangsa yg baru alami perubahan politik yg dramatis, mesti jalankan rekonsiliasi. Tak bijak lakukan pembersihan habis-habisan. *SBY*,” demikian tweet Presiden Yudhoyono.

”Saya telah pula sampaikan pendapat serupa pd banyak kepala negara terkait perbandingan transformasi politik di Mesir dg pengalaman RI,” lanjut tweet SBY.

Presiden Yudhoyono, bahkan pernah menyampaikan pada Obama soal peran Militer Indonesia saat terjadi krisis politik. ”Kpd Obama juga saya katakan, dulu militer Indonesia dukung penuh demokratisasi, seraya lakukan reformasi internal,” ujar Yudhoyono dalam rangkaian tweet-nya.

”Saya katakan pd Obama & Hillary, peran militer sangat menentukan dlm transisi demokrasi. Hal ini juga berlaku di Mesir.”

Sementara, Obama mengaku sangat prihatin dengan kudeta Militer Mesir kepada Presiden Morsi. Presiden AS itu, menyerukan agar militer cepat mengembalikan kekuasaan kepada sipil.

Akibat kudeta itu, Obama member sinyal untuk meninjau ulang bantuan ratusan juta dolar kepada Mesir, setelah Presiden Morsi yang terpilih melalui proses Pemilu secara demokratis digulingkan.

”Saya sekarang menyerukan kepada Militer Mesir untuk bergerak cepat dan bertanggung jawab untuk mengembalikan otoritas ke pemerintahan sipil yang terpilih secara demokratis, secepat mungkin,” ujar Obama, beberapa jam setelah Morsi digulingkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0234 seconds (0.1#10.140)