Menlu Bolivia bantah Snowden ada di pesawat Morales

Rabu, 03 Juli 2013 - 13:04 WIB
Menlu Bolivia bantah...
Menlu Bolivia bantah Snowden ada di pesawat Morales
A A A
Sindonews.com - Menteri Luar Negeri Bolivia, David Choquehuanca, pada Selasa (2/7/2013) membantah, jika whistleblower NSA, Edward Snowden berada di pesawat Presiden Bolivia, Evo Morales. Akibat isu Snowden menumpang pesawat Morales dari Rusia, pesawat tersebut dipaksa mendarat darurat di Austria.

”Kita tidak tahu siapa yang membuat kebohongan itu, tapi kami ingin mengecam ketidakadilan (pengalihan rute perbangan) pesawat Presiden Evo Morales kepada masyarakat internasional,” kata Choquehuanca, dikutip BBC, Rabu (3/7/2013).

Pesawat Presiden Morales semula terbang dari Moskow, Rusia untuk menghadiri pertemuan negara-negara yang memproduksi gas alam. Dalam perjalanan, pesawat itu dipaksa mendarat darurat di Wina, Austria setelah Perancis dan Portugal menolak pesawat tersebut masuk ke wilayah udara mereka.

Ketegangan diplomatik itu dipicu pernyataan Morales yang akan mempertimbangkan untuk memberikan suaka pada Snowden, jika dia mengajukannya.

”Secara resmi tidak ada permintaan suaka. Tetapi jika Presiden (Evo Morales) telah mengatakan bersedia memberikan suaka, kami akan mempertimbangkannya,” kata Wakil Presiden Bolivia, Alvaro Garcia Linera.

Snowden, sudah membuat Washington marah, setelah ia membocorkan program penyadapan rahasia AS. Ia kemudian melarikan diri ke Hong Kong, dan berlanjut ke Moskow. Mantan karyawan CIA itu diburu AS dengan tuduhan melakukan spionase.

Wakil Presiden AS, Joe Biden telah meminta berbagai negara untuk menolak pengajuan suaka Snowden.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7007 seconds (0.1#10.140)