Dicurigai bawa Snowden, jet Morales mendarat darurat

Rabu, 03 Juli 2013 - 11:34 WIB
Dicurigai bawa Snowden, jet Morales mendarat darurat
Dicurigai bawa Snowden, jet Morales mendarat darurat
A A A
Sindonews.com –Jet Presiden Bolovia, Evo Morales dipaksa mendadak darurat ke Austria, saat terbang dari Rusia pada Selasa (2/7/2013). Musababnya, jet Morales dicurigai membawa whistleblower NSA, yang diburu AS Edward Snowden.

Dikutip BBC, Rabu (3/7/2013), insiden itu terjadi beberapa jam, setelah Morales mengatakan negaranya akan mempertimbangkan permintaan suaka politik jika Snowden mengajukannya.

Menteri Luar Negeri Bolivia, David Choquehuanca, menuduh Perancis, Italia, dan Portugal telah mencurigai Snowden menumpang jet Morales, sehingga memaksa rute penerbangannya diubah. ”Presiden terpaksa mendarat di Wina,” katanya kepada wartawan di La Paz.

Hidup Morales, kata Choquehuanca, telah terancam dengan apa yang ia sebut sebagai pendaratan darurat tersebut. ”Ada desas-desus tak berdasar, bahwa Snowden mungkin telah di dalam pesawat,” kata Choquehuanca. ”Kami tidak tahu siapa yang membuat kebohongan besar ini.”

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Austria, Alexander Schallenberg, mengkonfirmasikan kepada AFP, bahwa jet Morales telah mendarat di Wina dan Snowden tidak ada di dalamnya. ”Presiden Morales akan meninggalkan Winna Rabu pagi, menuju La Paz (Ibu Kota Bolivia),” ujarnya yang mengaku tidak tahu-menahu mengapa jet Morales mendadak mendarat di Winna.

Selasa kemarin, Morales menyatakan mempertimbangkan untuk memberikan suaka pada Snowden, jika pembocor penyadapan rahasia AS itu mengajukannya. ”Jika ada permintaan, tentu saja kita akan bersedia untuk berdebat dan mempertimbangkannya,” kata Morales kepada stasiun televisi pemerintah Rusia, RT yang diterjemahkan dari bahasa Spanyol.

Bolivia adalah salah satu dari 21 negara yang jadi tujuan pencarian suaka Snowden. Pengajuan suaka Snowden selama ini dibantu kelompok anti-kerahasiaan, WikiLeaks.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5566 seconds (0.1#10.140)